Rabu, 20 Februari 2013

Peristiwa Bulan Rabi'ul Tsani

Syahidnya Imaduddin Zanki
       Sejarah mencatat, beliau terkenal dengan kepahlawanan perang salib. Dialah yang membuka pintu perlawanan bagi panglima-panglima setelahnya seperti, Nurudin Mahmud Zanki (putranya), Shalahuddin Al-Ayub. Dialah yang membangun semangat jihad kaum muslimin, setelah terhenti lamanya.
           Selain itu, beliau juga gubernur Mousul, Irak. Semasa menjadi gubernur, beliau melindungi Shalahuddin Al-Ayubi dari kejaran musuh, yang hendak membunuhnya.
       Pada tanggal 6 Rabi’ul Tsani 541 H atau 14 September 1146, beliau menemui syahidnya.

Yazid bin Walid menjadi Khalifah
        Akhir bulan tahun 125 H, Khalifah Hisyam bin Abdul Malik meninggal dunia. Kemudian digantikan oleh Yazid bin Walid bin Abdul Malik, sebagai khalifah kesebelas Bani Umayyah. Yazid bin Walid merupakan putra dari Walid bin Abdul Malik. Saat ayahnya menjadi khalifah, yazid sudah diangkat menjadi putra mahkota kedua, setelah Hisyam bin Abdul Malik, yang tidak lain saudara dari ayahnya sendiri.
       Yazid bin Walid  dikenal memiliki akhlaq yang tidak baik. Sejarah mencatat, dia suka minum khamr, dan suka berfoya-foya. Walaupun akhlaqnya tidak baik, Ia tetap memberikan kebaikan kepada umatnya. Kebijakan di masa pemerintahannya adalah melipat-gandakan bantuan kepada orang-orang buta dan tua yang tidak memiliki keluarga yang merawatnya. Ia juga memerintahkan untuk memberikan pakaian kepada orang-orang miskin.

Syahidnya Dr Abdullah Azzam
            Sebagai Tokoh Pergerakan tidak luput dari percobaan pembunuhan. Namun takdir tidak bisa lepas, beliau menemui kesyahidannya pada tanggal 26 Rabi’ul Tsani 1410 atau 25 November 1989. Tiga bom sengaja terpasang di gang yang biasa beliau lewati, meledak saat beliau memarkirkan kendaraan hendak sholat jum’at di Peshawar, Pakistan. Syahidnya beliau bersama kedua anaknya yang laki-laki, Muhammad dan Ibrahim.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar